TIPS CARA REVIEW GAME UNTUK BLOGGER / YOUTUBER GAMER

Sebuah game terkadang semacam virus dari hobi yang membuat ketagihan; sangat begitu menyenangkan ketika bermain game juga dibayar karena hasil review game kita. Terlepas dari kenyataan bahwa setiap orang yang kamu kenal memberi tahu kamu setiap hari bahwa itu bukan hanya tidak mungkin, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan kamu, dan kamu bermimpi untuk mencari income di industri game ini, maka bekerja keraslah. Jika kamu percaya bahwa hasil review game kamu suatu hari dibayar, maka percayailah hal itu. Bukankah banyak orang yang melakukan hal yang tidak mungkin dan ternyata mungkin. Dengan dibekali hasrat bermain game saja tidak cukup, sebelum menjadi reviewer game kamu harus mengetahui hal apa saja yang perlu diulas dalam sebuah review. Sedikit tips untuk kamu yang ingin menjadi reviewer game.

MENGINTIP INDUSTRI GAME DUNIA



Jika kamu ingin bekerja di perusahaan game sebagai programmer, artis, desainer game, atau jurnalis, bekerja sebagai reviewer game PC adalah titik awal yang ideal. Kamu mungkin akan menemukan sesuatu kenikmatan yang tidak pernah ditemukan orang lain. Sebagai seorang kritikus game, kamu harus berada di atas semua yang terjadi di lingkup game, dan sebagai hasilnya, kamu akhirnya belajar seluk-beluk industri lebih baik daripada sekadar memainkannya. Industrik game dunia tiap tahun sangat berkembang, tidak sedikit yang menjadi reviewer game, tapi disitulah tantangannya menjadi yang terbaik dari yang terbaik.

Inti dari menjadi seorang reviewer gamer adalah kamu harus bisa menulis, dan percayalah tiap reviewer punya penikmatnya masing-masing. Mengambil kelas menulis membantu secara teknis kepenulisan, atau membaca buku kepenulisan juga membantu kamu untuk memudahkan gaya kepenulisan kamu ketika menuliskan ulasan tentang game yang kamu review. Mungkin di awal mengulas game adalah sebuah kerja relawan, kerja yang tidak dibayar, kerja yang hanya melelahkan mungkin. Tapi, percaya atau tidak ada reviewer game terkenal sekali pun dimulai dengan bekerja tanpa dibayar, ketika tulisannya ditemukan oleh produsen game kemudian dikontrak menjadi reviewer gamer freelance mereka sungguh menyenangkan. Lalu bagaimana cara memulainya, apakah ada tips khusus untuk memudahkan mengulas game. Mungkin artikel ini membantu kamu untuk memulainya.

BAGAIMANA CARA MEMULAINYA?


Jangan khawatir, lebih mudah dari yang kamu pikirkan. Menulis ulasan game PC profesional selama lebih dari dua tahun sekarang, dan tidak pernah memiliki pekerjaan yang dikejar deadline. Ini adalah panduan untuk menulis ulasan game PC pertama kamu. Agar membuat kamu berdiri dan mendapatkan ulasan pertama kamu menjadi menarik. Lebih dari itu, panduan ini semacam rahasia dalam menulis review game.

Langkah awalnya, siapa yang akan membaca ulasan game kamu. Maka pertama kamu harus mempunyai gagasan tentang game seperti apa yang harus kamu ulas. Berangkat dari umur pembaca yang akan membaca ulasan kamu. Secara umum ulasan game akan sangat berguna untuk mereka para gamer, dan para pemain game berusia di rentang 25 hingga 55 tahun. Dan tidak hanya laki-laki, malahan perbandingannya sama dengan pemain game wanita. Setelah mengenal para calon pembaca barulah kamu mudah untuk memulai menulis dari mana. Dari memilih game yang menarik untuk diulas dan kemudian mulailah dengan panduan berikut ini. Bagaimana pun gaya bahasa yang kamu gunakan, jangan lupakan hal dasar ketika mengulas game.

5 BASIC REVIEW GAME


Mulailah sekarang, ambil salah satu dari koleksi game kamu, apakah itu game PC atau game mobile. Semuanya sama menyenangkannya, apa pun genre permainnya, action, adventure, puzzle, role-playing atau yang lainnya. Tapi jangan lupakan 5 hal ini untuk diulas jika ingin mereview game tersebut.

Seberapa Menghibur
Control dan Gameplay
Grafik Game
Suara
Replayability

Santai saja, walau pun kelihatannya banyak, tapi sebenarnya sederhana. Dalam review game 5 hal tersebut yang menjadi topik utama para pencari ulasan game. Sehingga game tersebut menjadi menarik menurut pembaca. Jangan takut untuk memulai menulis, mungkin akan merasa sulit ketika membuka kalimat pengantar untuk pertama kalinya. Namun, setelah menemukan tulisan pertama kamu akan menjadi mudah untuk menuliskan selanjutnya. Bahkan, penulis yang mahir sekali pun akan merasa kesulitan untuk menentukan kalimat pembuka untuk pertama kalinya, maka jangan berhenti hanya sampai di situ.

MULAI MENULISLAH


Sangat aneh jika mengulas sebuah game tapi kamu tidak memainkannya, mainkanlah terlebih dahulu, bagaimana 5 hal tadi mempengaruhi gaya bermainmu. Sehingga dapat menyimpulkan permainan yang kamu mainkan menyenangkan atau tidak. Jika pun tidak menyenangkan mungkin unggul di gamaplay yang seru, atau grafik yang sangat menarik. Tidak ada game yang sempurna, tentu ada kekurangan, dan bahkan tiap sudut pandang pemain game juga berbeda-beda. Ada yang mencintai grafik daripada jalan cerita, ada juga yang menikmati jalan cerita dari pada grafik. Maka mainkan dan mulailah menulis.

kamu telah memainkan permainan. Mungkin itu murni, kebaikan game yang tidak terkendali. Atau, kamu mungkin tidak mempedulikannya. Lebih buruk lagi, kamu mungkin telah menemukan itu cacat yang tak dapat diperbaiki dan membuat frustrasi sehingga bisa dianggap tercela secara moral. Tidak peduli bagaimana perasaan kamu tentang hal itu, kamu harus memulai di suatu tempat. Jika kamu memiliki bagian, seperti grafik, yang ingin kamu atasi terlebih dahulu, jangan ragu. Jika tidak, kita mungkin juga mulai dengan ...

SEBERAPA MENGHIBUR GAME YANG KAMU MAINKAN?


Mengevaluasi sebuah game seberapa menghibur atau seberapa menyenangkannya ketika dimainkan dilihat tidak berdasarkan logika teknis, tapi dengan perasaan ketika memainkannya. Jika di menit - menit awal bermain game saja sudah membosankan, maka bisa dipastikan game tersebut tidak menyenangkan, atau jangan - jangan letak keseruannya ada di 50% jalan cerita game tersebut. Maka cobalah minimal 30 menit untuk memainkan game tersebut, maka selanjutnya simpulkan.

BAGAIMANA CONTROL DAN GAMEPLAY?


Mengendalikan karakter di sebuah game adalah sensasi yang luar biasa dan di sinilah daya tarik bermain game itu dimulai. Namun bayangkan jika control game kurang bagus, tidak terlalu mulus, banyak bug di sana-sini bisa dipastikan permainan akan menjenuhkan. Lalu bagaimana gameplay yang ditawarkan dari sebuah permainan juga menentukan seberapa menarik game tersebut dimainkan.

SEBERAPA MENARIK GRAFIK SEBUAH GAME?


Kunci dari sebuah grafik adalah mata kita, jika permainan menarik namun grafik yang ditawarkan kurang menarik untuk dilihat ada yang salah dari game tersebut. Visual sebuah game adalah kunci keberhasilah dari game untuk dimainkan. Grafik yang bagus akan menambah pengalaman seseorang untuk bermain game, jika grafik kurang menarik walau pun jalan cerita sangat bagus bisa dipastikan game kurang diminati.

BAGAIMANA AUDIO GAME MEMPENGARUHI PENGALAMAN BERMAIN?


Grafik salah satu faktor yang penting dari sebuah game, tapi jangan berhenti di sana saja, hal lainnya termasuklah audio. Game yang menawarkan audio yang kurang membangkitkan suasana bermain akan sedikit peminatnya, maka sangat disayangkan jika bermain game tapi audionya kurang dapat membangkitkan suasana keseruan saat bermain game.

REPLAYABILITY


Jika kamu telah menyelesaikan sebuah permainan, tapi permainan tersebut tidak menarik untuk dimainkan kembali, maka game tersebut tidak ada replayability. Game-game sekarang ini, mengejar kemungkinan untuk orang tertarik bermain kembali walau pun sudah menyelesaikan game tersebut. Tapi sangat jarang menemukan game yang demikian, belum lagi tiap pemain game punya kesukaan masing masing.

Nah, bagaimana, sudahkah ingin menjadi reviewer gamer, pilihlah salah satu ingin mereview di blog atau di video? Selamat mencobanya, berikutlah cara review game yang baik.



No comments

No comments :

Post a Comment